Perbedaan Windows 7 64-bit dan 32-bit

Ketika akan mendownload Windows 7 mungkin anda pernah mengalami sedikit bingung, karena ada Windows 7 32-bit dan Windows 7 64-bit. Lalu mana yang harus dipilih dan cocok dengan Laptop atau komputer yang anda miliki? Selain itu mungkin juga anda sedikit bingung apa sih bedanya antara Windows 7 32-bit dengan Windows 7 64-bit? Inilah pertanyaan umum yang sering muncul.

Apa sih keuntungan menjalankan Windows 7 64-bit dibandingkan Windows 7 32-bit?
Jika anda sering bekerja dengan ukuran file yang besar-besar dan memakan memori yang banyak (misal video editing) tentu saja Windows 7 64-bit akan menjadi pilihan yang terbaik karena akan memberikan kinerja yang lebih baik dibandingkan dengan Windows 7 32-bit. Seperti kita ketahui Windows 7 64-bit telah mensupport memori sampai 192GB, sedangkan Windows 7 32-bit hanya 4GB untuk performa maksimum. Keuntungan lain dari Windows 7 64-bit adalah dari segi keamanan, lebih aman dibandingkan Windows 7 32-bit, karena driver Windows 7 64-bit harus benar-benar tersertifikasi oleh vendor si pembuat hardware, jadi sangat sulit untuk disusupi oleh program jahat.

Apakah Laptop atau komputer saya bisa menjalankan Windows 7 64-bit?
Kalau anda baru membeli komputer sebuah komputer dengan teknologi terbaru dan terkini pada umumnya telah support dan mampu menjalankan Windows 7 62-bit, Kecuali jika prosesor yang anda gunakan merupakan prosesor yang lowend misal Laptop dengan Prosesor Intel Atom atau Intel Core Duo ke bawah. Namun jika anda menggunakan prosesor sekelas Intel Core 2 Duo maka bisa dipastikan bahwa komputer anda mampu dan bisa menjalankan Windows 7 versi 64-bit. Jika anda masih ragu-ragu ada baiknya guna program Prosesor Identifikasi dari Intel untuk mengetahui apakah prosesor anda telah suppport Windows 7 64-bit atau tidak.

Bagaimana dengan Hardware lainnya misal Soundcard atau LAN Card?
Lihat tahun pembuatan dari hardware anda, apabila dibuat setelah adanya Windows Vista (3 tahun ke belakang) maka sudah bisa dipastikan hardware memang telah support Windows 7 64-bit, namun jika hardware yang anda pakai dibuat pada tahun-tahun sebelum Windows Vista hadir (misal tahun 2004 ke bawah), anda baiknya anda cek website dan vendor si pembuat hardware tersebut untuk mengetahui ada tidaknya driver untuk mensupport Windows 7 64-bit.

Apakah Driver untuk Windows 7 32-bit bisa digunakan untuk Windows 7 64-bit
Jawabannya jelas sekali, Tidak. Windows 7 32-bit mempunyai struktur yang berbeda Windows 7 64-bit.

Lalu bagaimana bila saya telah terlanjur menginstal Windows 7 64-bit sedangkan driver dari hardware yang saya miliki untuk Windows 7 32-bit?
Jangan kuatir dengan menggunakan Windows XP Mode (Virtual Mechine) di Windows 7 anda bisa menggunakan driver Windows 7 32-bit meski komputer anda telah terinstal Windows 7 64-bit

Bisakah saya menjalankan program Windows 32-bit di Windows 7 64-bit?
Dengan adanya teknologi WOW alias Win 32 on Win64 di Windows 7 tentu saja anda masih bisa menjalankan program Windows 32-bit di Windows 7 64-bit

Apakah bisa mengupgrade Windows 7 32-bit ke Windows 7 64-bit?
TIDAK. Untuk menginstall Windows 7 64-bit dari Windows 7 32-bit anda harus melakukan Installasi penuh alias tidak bisa mengupgrade langsung Windows 7 32-bit ke Windows 7 64-bit.

Dikutip dari: http://ekoya.blogspot.com/2010/04/perbedaan-windows-7-64-bit-dengan-32.html

UKK TKJ 2011-2012

Link unduh UKK TKJ 2011-2012 di 4shared.com:

https://www.4shared.com/rar/9pSjCZ8M/UKK_TKJ_2011-2012.html

Isi meliputi: Kisi-kisi, Pedoman Penilaian, Soal Praktik Kejuruan

File Soal Format PDF:

2063-P1-SPK-Teknik Komputer dan Jaringan

2063-P2-SPK-Teknik Komputer dan Jaringan

2063-P3-SPK-Teknik Komputer dan Jaringan

Tugas Kelas XI TKJ 3

Silakan download file-file berikut:

1. Petunjuk=BacaDulu

2. TL-WR740N-Manual

3. Soal KK-15

4. LembarJawaban-KK14-KK15

Baca file Petunjuk=BacaDulu dengan teliti, selanjutnya mulailah menjawab Soal KK-15 berdasarkan pada modul TL-WR740N-Manual.

 

Bagi yang belum menempuh ujian teori KK11, KK13, KK14 silakan unduh file-file berikut:

1. LembarJawaban-KK11-KK13-KK14

2. Soal KK-13

3. Soal KK-11

4. Soal KK-14

Sertakan dalam satu folder dengan file tugas di atas (KK-15)

 

Tugas Kelas XII TKJ 2

Silakan unduh/download file berikut:

1. Modul TKJ KK-14

2. Modul TKJ KK-16

3. TL-WR740N-Manual

4. LembarJawaban-KK14-KK15

5. Soal KK-14

6. Soal KK-15

7. Soal KK-16

8. Petunjuk=BacaDulu

Setelah anda download ke-8 file tersebut, terlebih dahulu bacalah file PETUNJUK=BACADULU.

Selanjutnya mulailah mengerjakan soal KK14, KK15, KK16 berdasarkan modul yang terdapat pada file Modul TKJ KK-14, Modul TKJ KK-16, TL-WR740N-Manual.

TKJ Harus Bisa !!

Weleh weleh… Kalo melihat gambar tersebut di atas, jadi mikir bisa gak ya ?? Tetapi kalo melihat kodrat manusia yang diciptakan untuk mau berusaha pastinya bisa lah kita belajar tiga hal tersebut.

Kenapa harus tiga hal tersebut yang dikuasai ??

  1. Debian, distro besar karena berkat kebesarannya distro ini digunakan sebagai rujukan event nasional seperti Lomba Kompetensi Nasional tingkat Propinsi dan Nasional.
  2. Slax, turunan Slaxware, distro kecil, portable, bisa diinstall di flash disk, sebagai alternatif bila kita mempunyai sumber daya yang terbatas, tapi ingin belajar linux, distro ini bisa diandalkan untuk sebuah mobilitas.
  3. Mikrotik, MikroTik RouterOS™ adalah sistem operasi dan perangkat lunak yang dapat digunakan untuk menjadikan komputer manjadi router network yang handal, mencakup berbagai fitur yang dibuat untuk ip network dan jaringan wireless, cocok digunakan oleh ISP dan provider hotspot (dikutip dari: http://www.mikrotik.co.id/).  Dengan harga yang terjangkau dibanding merk router seperti CISCO Router, bisa digunakan sebagai sarana belajar sistem router network.

Mari belajar !!

Backup dan Restore Sistem dengan Norton Ghost via Network

Gak terasa sudah lama juga gak posting ke blog ini, ya karena kesibukan yang ada.  Kebetulan lagi ngajar kelas XI TKJ,  ada pertanyaan mendasar seputar jaringan dan juga tentang bagaimana menangani perbaikan komputer khususnya software dalam waktu bersamaan. Misalnya di lab komputer ada 20 komputer, ingin install ulang semuanya. Kalo harus satu persatu bisa dibayangkan betapa lamanya.  Coba hitung kalo install satu komputer lengkap dengan aplikasi yang dibutuhkan memakan waktu 2 jam.  Untuk 20 komputer berapa ya kira-kira? 40 jam kali ya kurang lebih.

Atas pertimbangan tersebut akhirnya nemu cara yang cepat yaitu kita gunakan norton ghost via network pake ghostcast server. Kalo pingin tau prosesnya klik aja link berikut, smoga bisa membantu.

Download Panduan Backup dan Restore dengan Norton Ghost via Network

Pose dan Aksi Anak ke-2 TKJ

lg reuni

Nih para punggawa TKJ anak ke-2, setelah lulus dari TKJ SMKN 1 Pacitan.

Kalo gak salah ini siswa pak johan dari klas TKJ 1 (TKJ 2 mana ya…???)

Ya smoga bs jadi obat kangen pak johan to mereka semua, sukses selalu…

Yang pasti ini bukan saat KBM, kalo saat KBM sekarang pasti kena point

The Black Man, dari kiri: Eko, Ambar, Joko, Pendhy (betul gak ya...)

The Green TKJ, Siapa aja ya ??

Dari kiri: Anik, FN1, FN2, FN3 (FN apa ya forget name alias lupa namanya)

 

Pak Ketua Kelas, pagi pak

lg reuni jg

Dari kiri: Susilowati, anak nawangan lupa namanya, Hayyu, Andhita

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.